Ciri Ciri Penyakit Kanker Lidah

Lidah menjadi salah satu indera perasa untuk mencecap rasa dari setiap makanan. Nah, bagian tubuh ini juga bisa terkena kanker, lho. Anda, apakah sudah mengetahui ciri ciri penyakit kanker lidah tersebut?

Tidak perlu khawatir! Di sini kami akan memberikan informasi tersebut untuk Anda.

Ciri Ciri Penyakit Kanker Lidah

Seberapa Pentingkah Mengetahui Gejala atau Ciri Ciri Penyakit Kanker Lidah?

Sangat penting sekali untuk kita tahu apa saja yang menjadi tanda dan gejala awal suatu penyakit, termasuk kanker lidah. Hal ini dapat membantu kita mendapatkan penanganan lebih awal.

Saat kita merasa ada yang tidak beres dengan tubuh atau bagian tertentu lainnya, kita akan segera melakukan serangkaian pemeriksaan untuk mengetahuinya. Dengan begitu, penyakit yang Anda derita bisa cepat terdeteksi.

Nah, pengobatan kanker lidah yang dilakukan sedini mungkin dapat meningkatkan peluang pasien untuk pulih kembali dan terhindar dari kondisi yang lebih parah, termasuk metastasis atau penyebaran sel kanker ke jaringan atau bagian tubuh lainnya.

Maka dari itu, Anda sebaiknya tidak mengabaikan setiap perubahan yang terjadi pada tubuh Anda, walau sekecil apapun, ya!

Ciri Ciri Penyakit Kanker Lidah yang Tidak Boleh Diabaikan

Anda perlu tahu, bahwa, ada beberapa tanda dan gejala dari penyakit kanker lidah yang menyerupai gangguan kesehatan umum. Sehingga, seringkali diabaikan dan tidak segera mendapatkan pengobatan sampai gejala tersebut bertambah parah.

Beberapa tanda dan gejala awal penyakit kanker lidah yang perlu Anda waspadai kehadirannya meliputi:

  • Sariawan Berkepanjangan

Pada umumnya, sariawan biasa akan sembuh dengan sendirinya dalam waktu beberapa hari, paling lama itu sekitar satu mingguan. Namun, sariawan akibat adanya sel kanker yang tumbuh di lidah akan berlangsung lebih lama dan nyaris tidak kunjung sembuh.

Selain itu, lidah mungkin akan ditumbuhi bercak berwarna merah atau putih serta benjolan di beberapa bagiannya. Jika sariawan yang Anda alami seperti ini, jangan ragu untuk segera mendatangi rumah sakit.

  • Lidah Berdarah

Ciri ciri penyakit kanker lidah lainnya adalah terjadi pendarahan tanpa sebab yang jelas pada lidah. Pendarahan ini juga bisa terjadi secara berulang, baik di tempat yang sama atau bagian lidah lainnya.

  • Sakit Tenggorokan

Jika sakit tenggorokan Anda berlangsung terus menerus dan tak kunjung reda meskipun sudah diberi obat pereda nyeri, Anda harus mewaspadainya. Karena, kanker lidah juga ditandai oleh sakit tenggorokan yang berlangsung terus-menerus.

  • Sakit Saat Menelan

Gejala lainnya adalah disfagia, kesulitan melenan karena rasa sakit pada tenggorokan. Saat flu mungkin ini adalah kondisi yang wajar. Namun, jika sakit saat menelan ini tidak diikuti dengan demam, bisa jadi kondisi tersebut adalah tanda dari penyakit kanker lidah.

  • Mulut dan Lidah Kebas

Anda juga perlu mewaspadai rasa kebas yang terjadi di dalam mulut atau lidah Anda. Apalagi, jika rasa kebas tersebut tidak kunjung hilang dan berlangsung cukup lama.

Selain itu, penderita kanker lidah juga mungkin akan merasa sakit pada bagian telinga.

Baca Juga : Rokok Penyebab Kanker Lidah Terbanyak

Karena sekarang Anda sudah tahu beberapa ciri ciri penyakit kanker lidah, saya harap Anda semakin peka lagi dengan perubahan pada tubuh Anda. Dengan begitu, Anda bisa terhindar dari risiko yang lebih parah.

Terima kasih sudah menyimak. Jangan lupa untuk share di sosmed Anda agar orang lain juga tahu 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *