Mengenali Tanda Tanda Kerusakan Hati

Tanda Tanda Kerusakan Hati – Pernahkah Anda tahu jika fungsi hati yang semakin menurun dan menuju kerusakan ditandai oleh hal-hal kecil yang mungkin kita abaikan?

Nah, di sini saya akan memberikan informasi penting mengenai tanda tanda kerusakan hati yang sering di abaikan karena mirip dengan kondisi gangguan kesehatan pada umumnya. Semoga bermanafaat.

Mengenali Tanda Tanda Kerusakan Hati

Sangat penting sekali untuk kita mengetahui atau mengenali tanda tanda kerusakan hati sedini mungkin.

Karena, penyakit hati sendiri merupakan penyakit yang sangat berbahaya. Bahkan, di Inggris sana, penyakit hati menjadi penyakit penyebab kematian tertinggi nomor 5.

Banyak penderita penyakit hati yang mengetahui atau sadar jika dirinya menderita penyakit tersebut ketika sudah berada dalam kondisi yang parah.

Hal ini karena tanda awal dari kerusakan hati sering tidak nampak secara signifikan. Atau mungkin sering terbaikan karena dianggap sebagai gangguan kesehatan biasa.

Mengenali Tanda Tanda Kerusakan Hati Yang Sering Terabaikan

Tanda Tanda Kerusakan Hati

Di bawah ini adalah beberapa tanda awal kerusakan hati seperti di lansir dari berbagai sumber kesehatan terpercaya dan boldsky.

1. BAU MULUT

Pasti Anda akan heran kenapa bau mulut bisa menjadi pertanda adanya kerusakan pada hati bukan ?. Jika hati Anda tidak berfungsi dengan baik, mulut biasanya berbau tidak sedap. Hal ini dikarenakan kelebihan amonia yang diproduksi oleh tubuh.

2. MATA LELAH dan MATA PANDA (LINGKARAN HITAM PADA MATA)

Mungkin Anda juga tidak akan menyangka jika kondisi tersebut menjadi bagian dari pertanda adanya kerusakan pada hati. Gangguan fungsi hati dapat dikaitkan dengan kerusakan kulit dan kelelahan. Kulit di bawah mata dikenal sangat lembut dan juga dapat mencerminkan kondisi kesehatan seseorang.

3. RASA PAHIT DI MULUT

Ternyata rasa pahit di mulut bukan hanya bisa terjadi akibat asam lambung naik atau penyakit maag kronis saja. Hati menghasilkan enzim yang disebut empedu. Jadi, jika Anda merasakan pahit di mulut, Anda mungkin telah mengalami kerusakan hati.

4. MUDAH MEMAR

Pada penderita penyakit kerusakan hati yang sudah parah, maka biasanya bagian kulit tubuh akan lebih mudah membekas atau memar. Kondisi ini berhubungan dengan masalah pendarahan yang sudah terjadi pada bagian jaringan bawah kulit.

Ketika terkena pukulan atau terbentur benda keras, kulit akan mendapatkan memar dan meninggalkan bercak biru kemerahan pada bagian dalam kulit. Jika tubuh sudah masuk dalam tahap ini, maka perawatan yang intensif sangat diperlukan untuk mengurangi resiko pendarahan organ yang buruk.

5. TERJADI PEMBENGKAKAN PADA PERUT

Hati akan membesar akibat infeksi atau kerusakan hati. Jika kondisi ini tidak segera diatasi, perut Anda akan semakin membesar atau membuncit.

6. URINE dan FESES BERWARNA GELAP

Orang yang mengalami masalah dehidrasi biasanya memiliki urin dan feses yang berwarna cokelat gelap. Selain sebagai gejala dehidrasi, ini juga menandakan adanya masalah pada hati.

7. MENGALAMI MASALAH PENCERNAAN YANG PARAH

Tanda Hati Mengalami Kerusakan – Jika hati Anda mengandung banyak lemak, Anda tidak akan mampu mencerna air. Namun, masalah pencernaan ringan yang terjadi secara berkala juga menandakan adanya kerusakan pada hati Anda, dan salah satu contohnya adalah nyeri perut dan diare.

8. PERUBAHAN WARNA PADA KULIT, MATA dan KUKU

Perubahan warna kulit bisa terjadi karena adanya kerusakan hati. Kerusakan hati juga terlihat dari adanya gejala bercak putih yang timbul pada kulit, yang disebut bintik-bintik hati. Selain kulit, perubahan warna juga dapat terjadi pada putih mata dan juga kuku. Mata dan kuku dapat menguning akibat penumpukan bilirubin.

9. KADAR TROMBOSIT YANG RENDAH

Di nukil dari halosehat.com, ketika hati mulai mengalami kerusakan dan tidak bisa bekerja dengan baik, maka produksi trombosit juga akan sangat rendah.

Kondisi ini sangat berhaya karena sering menyebabkan kematian mendadak akibat terjadinya pendarahan dalam yang dialami oleh penderita kerusakan hati. Trombosit sendiri memiliki fungsi yang sangat penting untuk mencegah pendarahan.

Tanda-tanda kerusakan fungsi hati

Ketika kadar trombosit sangat rendah, maka tubuh akan terasa tidak nyaman dengan gejala seperti demam, tubuh lemah, rasa tidak nyaman saat bernafas dan berbagai gangguan imunitas.

Itulah beberapa tanda tanda kerusakan hati yang harus Anda ketahui dan waspadai. Agar organ hati tetap sehat, hindarilah untuk konsumsi alkohol, makanan berlemak dan makanan tidak sehat lainnya serta rubahlah pola hidup Anda menjadi lebih baik.

Untuk mencegah sekaligus mengobati gangguan fungsi hati, silakan kunjungi Cara Mengobati Gangguan Fungsi Hati Di Sini!!

Terima kasih sudah berkunjung dan menyimak. Semoga artikel kesehatan ‘Mengenali Tanda Tanda Kerusakan Hati‘ di atas dapat bermanfaat bagi Anda semua.

Mengenali Tanda Tanda Kerusakan Hati

Posted By : www.ahlinyaobathepatitis.apotek45.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *