Penyebab Kanker Lidah Yang Sebaiknya Anda Ketahui

Pastikan Anda untuk mengetahui beberapa penyebab kanker lidah dan juga faktor pemicunya guna menekan risiko untuk terkena penyakit ini.

Apabila kita tahu penyebabnya, mudah untuk kita menghindarinya. Dengan demikian, risiko untuk terkena kanker lidah semakin menurun.

Nah, apa sajakah faktor-faktor yang dapat menyebabkan dan memicu penyakit kanker lidah? Berikut rangkumannya untuk Anda.

Penyebab Kanker Lidah

Penyebab Kanker Lidah Yang Harus Anda Ketahui

Lidah yang menjadi salah satu indera pengecap ini dapat mengalami gangguan. Tidak hanya sariawan, tapi juga penyakit kanker yang mematikan.

Nah, apabila Anda mengalami sariawan yang berkepanjangan dan tidak kunjung sembuh, maka, Anda harus berhati-hati. Bisa jadi sariawan tersebut mengindikasikan kanker lidah.

Seperti yang telah saya bahan pada postingan sebelumnya, sariawan yang berkepenjangan termasuk salah satu gejala kanker lidah yang sering diabaikan.

Jika memang Anda memiliki sariawan yang tak kunjung sembuh, Anda sangat disarankan untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut guna mengetahui kondisi yang sesungguhnya, termasuk mengetahui ada atau tidaknya sel kanker di lidah.

Berikut ini adalah beberapa penyebab kanker lidah dan juga faktor yang dapat meningkatkan risiko untuk terkena penyakit kanker lidah. Diantaranya:

  • Merokok
  • Kebiasaan mengkonsumsi minuman beralkohol
  • Memiliki faktor genetik atau keturunan
  • Berjenis kelamin pria. Umumnya, kanker lidah lebih banyak menyerang laki-laki dibanding perempuan
  • Tingkat kebersihan mulut yang rendah
  • HPV atau Human Papillomavirus

Pada kasus yang jarang, penyakit kanker lidah juga bisa disebabkan oleh HPV yang menjadi penyebab utama kanker serviks. Risiko ini meningkat pada Anda yang sering melakukan oral seks, termasuk seks anal dan hubungan intin melalui vagina.

Bisakah Kanker Lidah Dicegah?

Setiap penyakit bisa dicegah, termasuk kanker lidah yang gejalanya sering terabaikan. Ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan untuk mencegah penyakit ini. Diantaranya:

  1. Merubah gaya hidup menjadi lebih sehat
  2. Memperbanyak konsumsi buah dan sayur, terutama yang organik
  3. Berhenti merokok dan menghindari asapnya
  4. Menghindari alkohol dan minuman keras lainnya
  5. Mengelola stres
  6. Mengkonsumsi makanan bergizi untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh
  7. Rajin menjaga kebersihan mulut. Salah satunya rajin gosok gigi minimal 2 kali sehari (pagi dan malam)
  8. Istirahat cukup dan jangan sering begadang
  9. Menghindari atau membatasi konsumsi makanan yang bersifat karsinogenik, seperti soda, makanan yang di bakar atau panggang, popcorn, makanan cepat saji, dll.
  10. Melakukan skrining sel kanker dan medical check-up secara berkala
  11. Mengkonsumsi Walatra Zedoril 7 yang dibuat dari ekstrak daun sirsak, kulit manggis, dan daun sirih merah untuk menggempur sel kanker dan tumor.

Jika masih bisa dicegah, kenapa tidak? Mencegah lebih baik dari mengobati, bukan?

Bagi Anda yang sudah terkena penyakit kanker lidah ini jangan pesimis dan putus asa. Ingatlah, bahwa Tuhan memberikan penyakit satu paket dengan obatnya. Optimis, berfikir positif, dan terus berdo’a sambil berikhtiar mencari solusi terbaik bisa menguatkan Anda dan menambah peluang Anda untuk kembali pulih.

So, never give up with your cancer disease!

SALAM SEHAT

Penyebab Kanker Lidah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *